Pages

Selasa, 01 Februari 2011

Golongan Darah O Bombay

Assalamualaikum....coba buat tentang darah lagi... moga g bosen!!!

kali ini ane mw kasih info tentang golongan darah O tipe Bombay

mungkin dari sebagian dari agan2 udah pada tw..

Golongan darah O Bombay ini sangat berbeda dengan gol.darah O pada umumnya

ditemukan pertama kali di Bombay oleh Bhende tahun 1952. ane kasih penjelasan sedikit tentang gol darah, pada umumnya seperti ini.

[COLOR="RoyalBlue"]Golongan Darah A Rhesus Pos : Memiliki Antigen A& D(rhesus genotip) pada sel darah merahnya dan memiliki Antibodi B pada serumnya.

Golongan Darah B Rhesus Pos : Memiliki Antigen B& D(rhesus genotip) pada sel darah merahnya dan memiliki Antibodi O pada serumnya.

Golongan Darah AB Rhesus Pos : Memiliki Antigen A,B& D(rhesus genotip) pada sel darah merahnya dan tidak memiliki Antibodi A,B pada serumnya.

Golongan Darah O Rhesus Pos : Tidak Memiliki Antigen A,B, tetapi memiliki Antigen D(rhesus genotip) pada sel darah merahnya dan memiliki Antibodi A & B pada serumnya.[/COLOR]


Pada golongan darah O pada umumnya memiliki antigen H

Seadangkan pada golongan darah O Bombay ada pengecualian O Bombay memiliki antigen h, nah disini masalahnya Golongan darah O Bombay memiliki Substansi H yang sangat banyak atau dapat dibilang Golongan darah O Bombay memiliki Antibodi-H, yang akan menghancurkan sel darah merah dari golongan darah O pada umumnya...apabila dicek secara biasa akan terlihat seperti goldar O biasa, tp apabila pemeriksaanya secara lengkap disertai pemeriksaan Antibodi akan di ketahui O Bombay...


Golongan darah ini sangat langka di Indonesia bahkan mungkin didunia 1:250000, di Indonesia pertama kali tuh ane lupa taonnya, 2 anak yang memiliki golongan darah O Bombay..Ane dah g tw lagi gmna kabar anak itu..mungkin udah jadi bapak2 or ibu2 kali ya....
Agan2 bisa bayangin klo sampe orang yang bergolongan darah O bombay membutuhkan transfusi, akan sulit mencarinya!!!


the POINT SEORANG YANG MEMILIKI GOLONGAN DARAH O BOMBAY HARUS DITRANSFUSIKAN JUGA DENGAN GOLONGAN DARAH YANG SAMA, BEGITUPUN SEBALIKNYA!!!!!!kesalahan dalam pemberian darah yang salah walaupun itu sama O akan dapat menyebabkan hal yang fatal hingga KEMATIAN....

Teima kasih gan buat partisipasinya.....
JADILAH DONOR DARAH SUKARELA, SETETES DARAH ANDA BERGUNA UNTUK SESAMA

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bismillah mhn bantuannya sangat dibutuhkan Bagi yg mengetahui komunitas/punya golongan darah bombay/para bombay, mohon bisa menginfokan ke kami (085725597380) atau ke RS Hermina Jatinegara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bantuannya juga kerekan rekan yg punya golong darah O+ bombay hub.085290981407 pak bambang.tak lupa kami ucapkan banyak terimakasih atas bantuannya.

      Hapus